blog

Jumat, 14 Maret 2014

Macam-Macam Organisasi di Sekitar Kita


   Saya akan membahas tentang apa saja organisasi yang ada disekitar kita, sebelumnya saya akan menjelaskan tentang apa itu organisasi, Organisasi adalah sekumpulan orang yang terkumpul dan memiliki tanggung jawab satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Contoh organisasi yang ada di sekitar kita:

1.Karang Taruna : Karang Taruna adalah suatu Organisasi sosial atau wadah pengembangan bagi generasi muda untuk tumbuh,berkembang, dan maju . Ini ditujukan untung membangun tanggung jawab sosial dan kepercayaan diri bagi anak muda agar selalu berpikiran maju dan tentunya positif. Karang taruna biasanya terdapat di RT atau RW sekitar tempat tinggal kita, kegiatan yang biasanya dilakukan oleh karang taruna misalnya : Kerja Bakti,Mengadakan Lomba di HUTRI/17-an, Pengajian dan sebagainya, intinya karang taruna membuat anak muda untuk aktif dalam hal yang positif.

2.Remaja Masjid : Remaja Masjid adalah suatu perkumpulan pemuda masjid yang melakukan ibadah  atau aktivitas dilingkungan Masjid , ini sangat penting karena kita hidup bukan hanya memikirkan kehidupan duniawi saja melainkan juga akhirat, disini mereka akan belajar sosial, dan belajar menjadi manusia yang berakhlak mulia, Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh remaja masjid misalnya : Mengadakan kajian kajian keagamaan dan ilmiah, Mengadakan pengajian rutin serta masih banyak lagi.

3.PMR(Palang Merah Remaja) : PMR adalah organisasi yang berada di bidang kesehatan atau pertolongan pertama pada kecelakaan, organisasi ini biasanya terdapat didalam ekstrakulikuler di SMP maupun SMA , anggota dari PMR adalah siswa ataupun siswi dari sekolah tersebut, Tujuan dari diadakannya PMR adalah bagaimana anak muda diajarkan untuk sigap jika ada yang terluka, dan bisa diterapkan dikehidupan misal jika ada korban banjir mereka bisa cepat menolong, memberi  pertolongan pertama dan mengevakuasinya, tanpa harus kebingungan .

Itu lah beberapa organisasi yang ada di sekitar kita, Jadi intinya organisasi mengajarkan kita bagaimana pentingnya bersosialisasi dan bekerja sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar