blog

Rabu, 07 November 2012

INDIVIDU, KELUARGA, dan MASYARAKAT

INDIVIDU
Individu adalah Manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadian individu itu sendiri . Ciri – ciri individu ialah memiliki suatu pikiran diri , individu bisa menetapkan kenyataan dan interprestasi situasi
Individu selalu berada di dalam kelompok, peranan kelompok itu adalah menjadikan individu tersebut menemukan jati diri nya.

KELUARGA
Keluarga merupakan sekelompok orang yang tinggal atau mendiami bangunan dengan bersamaan , keluarga terbentuk dari dua atau lebih dari dua individu karena adanya hubungan darah, atau hubungan perkawinan . Sebuah keluarga terbentuk jika ada ayah, ibu, anak mereka semua mempunyai peranan – peranan tersendiri di keluarga yaitu :
*Peranan Ayah : Ayah berperan sebagai kepala keluarga yang tujuannya mencari nafkah untuk         memenuhi kebutuhan keluarga, melindungi, membimbing,  dan mendidik semua anggota dalam keluarga .
*Peranan Ibu    : Ibu berperan untuk mengurus semua kebutuhan rumah tangga pendidik, pelidung,     dan pengasuh bagi anak – anaknya .
*Anak                 : Anak berperan sebagai penuntut ilmu dan juga penyemangat bagi kedua orang     tuanya , anak juga harus berbakti kepada orang tuannya .
 Jadi keluarga diciptakan untuk manyatukan indivu individu dan juga untuk mempertahankan suatu kebudayaan .

MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup secara bersama – sama dalam jangka waktu yang cukup lama , dan tinggal di suatu wilayah tertentu yang mempunyai kebudayaan yang sama dan melakukan semua kegiatan di dalam kelompok itu sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar