blog

Selasa, 28 Oktober 2014

Tugas Softskill Bahasa Indonesia (Rencana Usaha)

Rencana Usaha Ternak Lele


1.     Latar Belakang
Usaha ternak lele ini dibuat salah satunya untuk mendapatkan makanan yang bisa mengahasilkan gizi yang baik, Makanan yang bergizi bisa didapat dimana-mana, salah satunya ikan lele. Dikarenakan juga permintaan konsumen terhadap ikan lele terus meningkat dari setiap tahunnya. Budidaya ini sangat potensial dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh masyarakat, dalam usaha budidaya ikan lele,tidak perlu dilakukan secara intensif perawatannya, karena ikan lele termasuk ikan yang cukup tangguh dalam berbagai macam kondisi air. Pemilihan bibit juga merupakan hal yang terpenting didalam bisnis ini karena dengan bibit unggul maka akan dapat lele dengan kualitas terbaik juga tentunya.

2.     Tujuan Usaha
            Tujuan dari usaha ini yaitu untuk memberikan konsumen suatu panganan yang kaya akan gizi juga protein terbaik bagi masyarakat. Ternak lele ini juga merupakan bisnis yang menguntungkan untuk kedepannya karena makin banyaknya permintaan konsumen dan juga peternak lain yang masih kesulitan untuk memenuhi semua permintaan dari konsumen itu sendiri. Sebab itu kita juga tidak perlu takut untuk mendistribusikan atau untuk memasarkan lele ini biasanya kita bisa supply ke warung-warung  pinggir jalan, misalnya pecel lele, nasi uduk, bahkan sekarang dari beberapa mini market sudah banyak yang langsung meminta ke peternakan  itu sendiri. Sekarang lele juga banyak variannya bias dijadikan abon ataupun keripik.  Jadi ternak lele adalah bisnis yang sangat bagus untuk prospek kedepannya. Jika kondisi ini tidakberubah bukan tidak mungkin justru kita akan bisa menjual hasil usaha kita keluar kota,provinsi, atau luar negeri, dengan tujuan ini diharapkan banyak pebisnis muda yang memulai usaha ini.
  
3.    Modal dan Kebutuhan yang diperlukan
Lele untuk keperluan konsumsi dapat dipelihara ketika mencapai ukuran 5-7 cm. Ukuran bibit yang lebih besar, akan lebih baik pula untuk dibudidayakan. Agar panen berlangsung dengan cepat, yaitu sekitar 3-4 bulan masa budidaya, maka ikan harus diberi makanan ekstra dan optimal. Budidaya ikan lele untuk konsumsi dinilai cukup mudah, sebab ikan dengan ukuran lebih besar akan lebih tahan terhadap penyakit.

Rincian kebutuhan dalam ternak lele untuk pemula jika sudah ada lahan:

Kebutuhan
Biaya

Membeli 1000 bibit ukuran 9-10cm
Rp. 350.000,00

Membeli pakan
Rp. 500.000,00

Membeli obat/vitamin
Rp. 90.000,00 /liter

Kebutuhan lain-lain
Rp. 1.000.000,00

total
Rp. 1.940.000,00

Pertama yang dilakukan ketika ingin ternak lele adalah mempersiapkan tempat budidaya. Dalam hal ini dilakukan di kolam terpal, sehingga pembuatan kolam terpal adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Untuk persiapan kolam terpal dibutuhkan material berupa terpal dan persiapan perangkat pendukung lainnya. Untuk 1000 ekor ikan lele, maka kolam yang harus dipersiapkan adalah dengan ukuran 4 x 1x 0.6 meter. Pembuatan kolam bisa dilakukan dengan menggali tanah dan kemudian diberi terpal atau dengan membuat rangka dari kayu dan kemudian diberi terpal. Menggali tanah yang kemudian diberi terpal adalah cara yang paling baik karena akan membuat kondisi terpal lebih tahan lama dan awet.

4.     Contoh gambar produk dan kolam.

Inilah contoh produk dari lele seperti abon dan keripik , juga contoh pembuatan kolam untuk budidaya ikan lele.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar