blog

Rabu, 29 Oktober 2014

Tugas Softskill Bahasa Indonesia (Karangan Deskriptif, Naratif, Persuasif, dan Argumentatif)

Karangan Deskriptif, Naratif, Persuasif, dan Argumentatif

1.Karangan Deskriptif
karangan deskriptif adalah karangan atau tulisan yang menggambarkan atau menyajikan suatu objek sedemikian rupa secara detail kepada pembaca atau pendengar sehingga pendengar atau pembaca seolah-oleh melihat, merasakan, mendengar, mencicipi, mencium langsung objek yang digambarkan oleh penulis melalui tulisannya tersebut.

Contoh:
Aku berdiri tepat depan kelas ku. Aku melihat di meja guruku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada vas bunga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar di kelas.

2.Karangan Naratif
 Karangan naratif adalah karangan yang berbentuk kisahan yang terdiri atas kumpulan yang telah disusun secara kronologis (menurut urutan waktu) sehingga menjadi suatu rangkaian.

Contoh:
Pulang sekolah tepatnya pukul 14.00 saya langsung pergi ke rumah.Saya tidak berpikir untuk singgah ke tempat teman tidak seperti biasanya.Setelah saya sampai di rumah say langsung pergi ke dapur dan mengambil sepiring nasi.Perutku sangat lapar.Pukul 15.00 aku ditelpon pacar untuk diajak jalan-jalan.Tanpa pikir panjang aku langsung pergi ,namun tak lupa pamitan sama orang tua.

3.Karangan Persuasif
Karangan persuasif adalah bentuk karangan yang bertujuan untuk membujuk pembaca agar bisa berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya.

Contoh:
Banjir telah menjadi masalah umum masyarakat Jakarta. Banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam banjir mulai dari kerugian material dan juga kerugian non material . Namun perlu kita sadari penyebab banjir sendiri ialah ulah manusia yang selalu merusak alam. Mulai dari penebangan pohon liar , membuang sampah sembarangan sampai mengotori sungai. Oleh karena itu agar kejadian banjir ini tidak terulang lagi perlu adanya sikap nyata dari kita untuk menjaga lingkungan.

4.Karangan Argumentatif
karangan argumentatif adalah suatu karangan yang bertujuan untuk memberikan alasan kuat dan meyakinkan.

Contoh:
Semakin hari kini semakin mahal harga kebutuhan pokok. Tentunya menjadi salah satu hal yang menyulitkan bagi kita semua. Belum lagi masalah harga BBM yang dicanangkan akan naik dalam waktu dekat ini. Tidak hanya itu saja, biaya pendidikan yang tidak sedikit juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Pada tahun 2010 saja angka kemiskinan di negara ini telah melonjak hingga 10% dari tahun sebelumnya. Alasan alasan tersebutlah yang menjadikan hidup kita terutama rakyat miskin semakin terpuruk. Pastinya anda semua setuju bukan dengan tersebut.

Berikut masing-masing perbedaan dari karangan tersebut:

DESKRIPTIF
NARATIF
PERSUASIF
ARGUMENTATIF
Deskripsi adalah gambaran.
Narasi adalah cerita.
Persuasi adalah bujukan.
Argumentasi adalah pendapat  yang didasari fakta.
Menyajikan detail objek.
Berisikan kejadian atau peristiwa.
berguna untuk membujuk pembaca untuk berbuat sesuatu
berguna untuk memberikan alasan kuat dan meyakinkan.

Membuat pembaca atau pendengar merasakan atau mengalami sendiri .
Disusun menurut urutan waktu..
Dipengaruhi oleh keinginan penulisnya.
Mengusahakan suatu pemecahan masalah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar